Morula IVF

Penyebab Infeksi Jamur Vagina saat Hamil, Cek dan Segera Atasi!

December 9, 2022

Penyebab Infeksi Jamur Vagina saat Hamil, Cek dan Segera Atasi!

Infeksi jamur menjadi infeksi yang sering terjadi seiring membesarnya janin saat hamil. Ketika sedang hamil banyak sekali kemungkinan yang menyerang ibu atau bayi. Salah satunya yaitu infeksi vagina saat hamil. Kondisi yang cukup rentan ini membutuhkan penanganan khusus tentu saja karena kondisinya cukup menurun ketahanannya. Untuk mengetahui apa penyebab infeksi jamur vagina saat hamil, simak bahasan berikut ini!

Penyebab Infeksi Vagina saat Hamil

Beberapa hal yang akan kami bahas ini bisa menjawab tuntas mengenai apa penyebab atau ciri-ciri ibu hamil terkena infeksi. Infeksi jamur ketika  hamil dapat disebabkan oleh satu atau lebih dari hal ini:

1. Kadar Estrogen yang Tinggi

Kadar estrogen yang ibu hamil miliki secara otomatis meningkatkan risiko infeksi. Ketika sedang mengandung, ibu hamil memiliki kemungkinan produksi estrogen yang akan membuat plasenta bersiap untuk kelahiran sehingga peningkatannya makin bertahap ketika masuk ke trimester ketiga. Meskipun hormon ini dapat menyebabkan infeksi mulut rahim saat hamil, kadar estrogen ini tidak bisa dihindari karena kandungan hormon ini membantu proses kelahiran nantinya.

2. Minum Antibiotik

Obat yang satu ini memang ampuh membantu untuk menekan risiko dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan imun seseorang. Namun untuk ibu hamil akan sebaiknya lebih berhati-hati karena berpotensi kelainan kongenital juga infeksi pada hal ini bisa terjadi.

3. Vagina yang Lembab

Infeksi vagina saat hamil bisa bertumbuh di tempat lembab karena jamur menyukai tempat yang lembab. Ada lebih banyak gula dalam cairan vagina yang membuat lembab sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk jamur. Kondisi ini menyebabkan ketidakseimbangan yang menghasilkan banyak sekali jamur yang bertumbuhan.

Gejala Infeksi Jamur saat Hamil

Infeksi vagina saat hamil biasanya dimulai dengan keputihan yang berbentuk seperti susu putih dan teksturnya kental tapi tidak berbau sama sekali. Setelah terdapat keputihan maka akan muncul rasa gatal yang tidak nyaman sehingga makin menyebabkan perih lalu kemerah-merahan. Selain itu bisa sampai membuat vagina membengkak juga dan buang air kecil akan nyeri apalagi ketika melakukan hubungan seksual.

Cara Mengobati Infeksi Jamur pada Vagina

Anda mulai bisa mengubah pakaian yang terlalu ketat dan tidak nyaman. Lalu, gunakan celana dalam dan pastikan vagina tidak lembab. Sebaiknya tidak terlalu lama ketika duduk dan pastikan kelamin tetap sehat. Untuk konsumsi makanan silahkan coba seperti probiotik yang terkandung pada makanan.

Ada cara mengobati infeksi jamur pada miss v secara alami dengan menggunakan minyak sensual oregano yang bisa kita hirup atau oleskan langsung. Selain itu bisa menggantinya dengan minyak kelapa atau tea tree juga aman sekali. Perbanyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang akan membantu Anda dengan efektif sekali.

Itulah penyebab infeksi jamur vagina saat hamil. Ibu hamil umumnya rentan terkena penyakit lainnya selain Infeksi vagina saat hamil yang membuat kehamilan terganggu kenyamanannya. Selain keluhan infeksi jamur, gejala atau keluhan yang mengganggu ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat untuk diatasi dengan baik.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung